Pelatih

>> Kamis, Januari 22, 2009

NASIHAT UNTUK SANG PELATIH
oleh : Arya


Beberapa tahun belakangan ini aku mulai gusar dengan aktifitas Pelatih dalam memberikan pembinaan kepada adik-adik Paskibra. Pasalnya mereka kurang begitu memperhatikan materi-materi ke-Paskibra-an. Yang mereka (pelatih) berikan hanyalah latihan baris-berbaris terus sementara teori dan materi yang lainnya jarang diberikan. Semenjak dominasi kegiatan perlombaan seperti Lomba Baris-Berbaris di Paskibra, eksistensi Paskibra di sekolah mulai menurun khususnya dalam bidang kegiatan latihan kepemimpinan. Kecenderungan pelatih Paskibra yang selalu mengedepankan prestasi menjadi sang juara dalam perlombaan membuat adik-adik Paskibra berorientasi bahwa Paskibra merupakan ajang untuk unjuk prestasi dibidang baris-berbaris.

Kekhawatiran itu pun semakin memumcak ketika aku bertanya pada beberapa orang adik-adik Paskibra di salah satu sekolah mengenai sejarah Paskibra. Sangat disayangkan sekali ketika pertanyaan yang aku lontarkan kepada mereka tak satupun yang dapat dijawabnya. Aku pun balik bertanya kenapa mereka tidak bisa menjawab, apakah pelatih mereka tidak pernah memberikan materi tentang sejarah Paskibra, "ya tidak pernah", itulah jawaban mereka polos. Aku khawatir sekali jika hal ini terus-menerus terjadi bagaimanakah masa depan Paskibra nantinya.

Hampir rata-rata teori atau materi tentang Paskibra sangat jarang sekali didapatkan seandainya pun didapat oleh adik-adik Paskibra itupun masih terbatas pada sejarah paskibraka dan sejarah bendera. Ruang lingkup pembahasannya pun tidak menyeluruh atau dibahas tuntas. Ternyata masih banyak materi-materi dari sejarah Paskibraka dan bendera yang belum tuntas dikupas. Dari situlah saya pun merasa ingin untuk mengumpulkan artikel-artikel Paskibra. Dan saya berharap kepada segenap senior atau aktifis Paskibra agar senantiasa mengarsipkan data-data tentang Paskibra dari manapun sumbernya dan jangan hanya bisa mengkritik tapi tak memberikan solusi.

Kedepannya saya berniat untuk membukukan artikel itu agar kelak dapat bermanfaat untuk adik-adik Paskibra. Dan saya juga berpesan kepada para pelatih agar memberikan contoh yang baik kepada adik-adik Paskibra. Mengingat belakangan ini juga sosok senior bukan lagi menjadi panutan yang baik. Tata kramanya sudah mulai pudar dan hal itu terlihat dari cara berpakaian mereka yang mengikuti style zaman dan bukan stylenya Paskibra. Tingkah laku dan cara mereka bertata krama sangat jauh dari harapan.

Saya juga berpesan kepada para pelatih Paskibra agar memberikan materi Paskibra dan materi keilmuan lainnya yang bermanfaat untuk masa depan adik-adik paskibra jangan hanya diajarkan baris-berbaris tapi keahlian mereka sangat nihil apalagi zaman globalisasi sangat membutuhkan pemuda yang memiliki skill yang mumpuni di berbagai bidang. Untuk itulah saya berpesan kepada para pelatih hendaknya jangan terlalu mendominasi latihan pakibra dengan latihan baris berbaris lagi, kini sudah saatnya disipi dengan materi kelimuan umum.

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP